Selasa, 11 November 2008

Koalisi Hanura-Gerindra Tunggu Waktu...

JAKARTA, SELASA — Apa saja bisa terjadi dalam politik. Demikian slogan yang kerap menjadi senjata para politisi dalam menentukan langkah-langkahnya, termasuk yang satu ini, koalisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dalam Pemilu 2009. Apalagi, masing-masing ketua umumnya pernah bergandengan di Partai Golkar dan sama-sama berlatar mantan petinggi TNI.

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sebelumnya capres Partai Golkar 2004 dan mantan Panglima ABRI, sedangkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan mantan Dewan Penasihat Golkar dan mantan Danjen Kopassus. Keduanya kemudian mengundurkan diri dan membentuk kendaraan politiknya masing-masing. Meski telah berpisah pun, kemungkinan untuk bergandengan terbuka lebar.

Wiranto dalam keterangan pers kemarin, Selasa (11/11), tak menyangkal kabar bahwa Partai Hanura siap berdampingan dengan Partai Gerindra dalam Pemilu 2009. "Anda tunggu saja waktunya," ujar Wiranto berupaya membuat publik penasaran. Menurut Wiranto, Hanura tak akan menolak berkoalisi dengan partai manapun yang memiliki platform perjuangan dan semangat pengabdian yang sama untuk melahirkan pemerintahan yang kuat.

Lantas, kemungkinan dengan Gerindra? "Ya, enggak masalah juga," tandas Wiranto. Setidaknya, kesamaan status keduanya pada masa lampau bisa menjadi bekal untuk berkoalisi. Asal saja, kesamaan bahwa keduanya sama-sama menjadi nama-nama yang siap dipanggil Pansus Penghilangan Orang Secara Paksa DPR tidak dijadikan bekal pula...

Tidak ada komentar: