Selasa, 20 Januari 2009

Obama Resmi Jadi Presiden AS


Augusta B Sirait
Barack Obama
(yahoo.com)

INILAH.COM, Jakarta - Barack Obama akhirnya resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 setelah mengucapkan sumpah. Pengambilan sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung Amerika Chief Of Justice John Roberts dengan memegang Alkitab yang dibawa istrinya Michelle Obama.

"Saya Barack Obama bersumpah saya akan menjadi Presiden AS yang bertanggunjawab. Bekerja secara sungguh-sungguh, akan membela negara, dan mempertahankan negara mempertahankan konstitusi Amerika. Tuhan, tolong bantu saya," ucap Obama dalam sumpahnya, Selasa, 20 Januari siang waktu setempat, atau Rabu (21/1) pukul 00.05 WIB.

Seketika, jutaan warga AS yang berada di halaman Capitol Hill bersorak dengan melambai-lambaikan bendera AS. Dentuman meriam menambah semarak sorak-sorai menyambut resminya Obama menjadi presiden AS ke-44 ini.

Ketua Mahkamah Agung Amerika Chief Of Justice John Roberts yang mengambil sumpah presiden AS berkulit hitam pertama ini. Obama akan melakukan pidato presiden pertamanya yang dijadwalkan selama 20 menit.

Kini tanggungjawab negeri adidaya tersebut berada di pundak Obama. Barack Obama menjadi presiden AS ke-5 termuda sepanjang sejarah Presiden AS. [nng]

Tidak ada komentar: