Senin, 19 Januari 2009

Napak Tilas Lincoln, Obama Naik Kereta ke Washington

Presiden AS terpilih Barack Obama dan rombongan datang ke Washington tiga hari menjelang pelantikannya menggunakan kereta dari Philadelphia seperti yang dilakukan Abraham Lincoln.
Minggu, 18 Januari 2009 | 13:15 WIB

WASHINGTON, MINGGU — Meniru jejak Abraham Lincoln, Presiden AS terpilih, Barack Obama, datang ke Washington menjelang pelantikannya dengan menumpang kereta api tua yang telah berusia 80 tahun. Setibanya di Union Station Washington, Sabtu (17/1) malam waktu setempat, ia disambut ribuan pendukungnya di luar stasiun hingga sisi jalan yang dilalui iring-iringannya.

Obama mengatakan, ia akan membawa harapan-harapan masyarakat AS kebanyakan dalam perjalannya ke Washington. Perjalanan bersejarah ini dimulai Sabtu pagi dari Stasiun 30th Street di Philadelphia, Pennsylvania, yang berjarak sekitar 220 kilometer dari Washington. Kereta berhenti di Wilmington, Delaware, untuk menjemput Wakil Presiden Joe Biden beserta keluarganya. Selain itu, kereta juga berhenti di Baltimore, Maryland, untuk mengenang perjuangan para pejuang perang tahun 1812.

Apa yang dilakukan Obama sebelumnya pernah dilakukan oleh Presiden Abraham Lincoln saat pelantikannya sebagai Presiden AS pada tahun 1861. Juru Bicara Komite Pelantikan Presiden Natalie Wyeth mengatakan, asosiasi dengan Presiden Lincoln sangat berarti bagi Obama. Tidak saja keduanya dari Illinois, tetapi juga karena Abraham Lincoln menandatangani perintah pengakhiran perbudakan di Amerika Serikat.

Namun begitu tiba di Washington, Obama langsung mendapat pengawalan ekstra ketat. Rombongan Obama membawa pula dua kendaraan hitam berkilauan, satu untuk Obama dan keluarganya dan satu sebagai umpan untuk pertimbangan keamanan. Pelat mobilnya bernomor 44, yang seolah mengatakan bahwa dirinya segera menjabat sebagai Presiden AS ke-44.

Selama menjabat sebagai presiden nanti, Obama juga akan ditemani mobil kenegaraan yang ekstra aman. Mobil Cadillac seri terbaru yang akan digunakannya dilapisi baja antipeluru. Sebagian besar warga Amerika akan menyaksikan mobil yang akan membawa Obama pada hari inagurasinya, Selasa (20/1) mendatang.


HIN,WAH
Sumber : AP

Tidak ada komentar: