Senin, 29 Desember 2008

Besok, Puncak Ditutup Mulai 13.00

Selasa, 30 Desember 2008 | 07:53 WIB

BOGOR, SELASA — Menjelang pergantian tahun, pada jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan diberlakukan sistem buka tutup sejak hari Rabu (31/12) pukul 14.00. Karena itu, warga yang hendak merayakan malam pergantian tahun diimbau telah berada di lokasi perayaan beberapa jam sebelumnya.

”Kalau mau merayakan Tahun Baru di kawasan Puncak, sebaiknya sudah di lokasi sejak pukul 13.00,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Alfian Nurrizal, Senin. Meskipun macet total dapat dihindarkan, arus lalu lintas di jalur Puncak diperkirakan akan sangat padat.

Nurrizal mengatakan, polisi tidak akan menutup arus lalu lintas ke arah Puncak, tetapi menerapkan pengaturan arus untuk menghindari stagnasi. ”Mulai pukul 14.00 kami akan melakukan rekayasa arus lalu lintas,” ujarnya.

Pengaturan lalu lintas mutlak dilakukan karena Puncak masih menjadi tempat favorit untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak, yang terjadi setiap liburan, di antaranya disebabkan volume kendaraan yang dapat mencapai 15.000 mobil, sedangkan kapasitas jalan di jalur Puncak hanya untuk 7.000 kendaraan yang berjalan pada saat yang sama.

”Itu mobil saja, tidak termasuk motor. Jadi, pasti akan padat merayap. Macet total tidak ada,” kata Nurrizal.

Pada Minggu sore lalu kemacetan ke arah Puncak terjadi sekitar 5 kilometer sebelum Kebun Raya Cibodas, dari arah Cianjur.

Pihak Taman Safari Indonesia, Cisarua, yang menjadi salah satu tujuan pengunjung, dan juga mengelola hotel, mengaku penginapan telah hampir penuh. ”Penginapan kami 90 persen dipesan dengan harga per malam mulai Rp 1,65 juta hingga Rp 3,2 juta per bungalo atau lodges,” kata pengelola Yulius H Suprihardo.

Alternatif ke Cipanas

Berbeda dengan kawasan wisata Pelabuhan Ratu, yang padat pengunjung, hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak, Cianjur, relatif sepi.

”Dalam pergantian tahun tingkat hunian maksimal diperkirakan 60 persen saja. Itu pun dari tamu pada menit terakhir,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Cianjur Satyawan Hambari.

Untuk mencapai Cipanas dan menghindari jalur Puncak yang macet, pengunjung dapat menempuhnya melalui Jalan Tol Cipularang, keluar dari pintu Jalan Tol Padalarang ke arah Cianjur.

Arung jeram

Selain Puncak, alternatif lain adalah wisata arung jeram di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Setidaknya ada dua operator arung jeram di Sungai Citarik.

Pengunjung dapat memilih trip 4 kilometer, 9 kilometer, atau 13 kilometer. Tarifnya Rp 169.000 dan Rp 545.000 per orang. Disediakan juga penginapan bertarif Rp 150.000 per orang. Pihak operator pun menyiapkan pesta kembang api di tepi Sungai Citarik.

Yogyakarta padat

Dari Yogyakarta dilaporkan, wisatawan dalam dan luar negeri memadati kota. Bahkan, Candi Prambanan, Sleman, dikunjungi 51.312 orang sejak libur Natal 25 Desember hingga 29 Desember.

Sementara itu, obyek wisata Candi Borobudur, Candi Mendut, Ketep, Magelang, dan Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah, masih menjadi andalan. (RTS/AHA/ILO/ENG)

Tidak ada komentar: