Selasa, 23 Juni 2009

Pengamat: Debat Malam Ini Milik Wiranto

VIVAnews - Debat calon wakil presiden malam ini dinilai lebih berani dan agresif dibanding debat calon presiden. Prabowo Subianto dan Boediono dinilai tidak fokus dan terlalu rumit menjelaskan setiap pertanyaan. Tetapi beda dengan Wiranto.

"Malam ini miliknya Wiranto," kata pengamat politik yang juga Direktur Reform Institute, Yudi Latif, dalam keterangan kepada VIVAnews melalui telepon, Selasa, 23 Juni 2009.

Menurut Yudi, Wiranto terlihat lebih santai dan menjawab pertanyaan dengan tepat sasaran. Wiranto tidak melulu menjawab pertanyaan moderator, Komaruddin Hidayat, secara rumit seperti Boediono.

"Wiranto juga bisa memasukkan beberapa solusi teknis. Seperti saat menjawab soal kecelakaan transportasi yang dikatakan harus ada tanggungjawab institusi dan sebagainya," ujar dia.

Yudi menilai, Prabowo kerap menjawab pertanyaan dengan sapuan besar. Semua pertanyaan selalu dijawab Prabowo berdasarkan paradigma perubahan ekonomi secara keseluruhan.

"Konsistensi itu memang sangat penting. Tapi sering kali, itu dapat menimbulkan resiko kehilangan soal detail. Karena tidak elaboratif dan jangkauannya terlalu besar," kata Yudi.

Untuk Boediono, Yudi menilai karena berlatar belakang sebagai seorang akademisi, mantan Gubernur Bank Indonesia itu sering memberikan jawaban yang kompleks. Hal itu disebabkan karena Boediono memiliki latar belakang akademisi yang kuat.

"Perlu ada kelugasan. Kalau menjelaskan terlalu maka kehilangan posisi dalam isu itu. Karakter akademisi adalah tidak mau menurunkan level cara berpikir. Karena, akademisi itu biasanya tahu satu persoalan secara kompleks," kata pengamat politik lulusan The Australian National University, Australia ini.

Tidak ada komentar: